Tips Sehat Mudik Lebaran

Tips Sehat
Sehat Mudik
Mudik Lebaran
Tips sehat Mudik saat Lebaran
Tips Sehat Mudik Lebaran
Mudik menjadi ritual wajib bagi masyarakat Indonesia menjelang lebaran. Macet di jalan pun takkan menghentikan niat Anda untuk berkumpul dengan keluarga.

Bagi masyarakat Indonesia, menggunakan angkutan umum untuk mudik menjadi pilihan yang praktis. Sayangnya, masih banyak yang tidak tahu bahwa ada bahaya kesehatan yang mengancam akibat penggunaan fasilitas umum.

Dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Premiere Bintaro, dr. Bahdar T. Johan, SpPD, memberikan beberapa tips kesehatan yang perlu diperhatikan pemudik yang menggunakan kendaraan umum.

1. Jaga tahan tubuh
Para pemudik disarankan untuk tetap dalam keadaan sehat dan fit. Apalagi persiapan menjelang mudik cukup menguras tenaga. Jadi, perhatikan kesehatan Anda.

2. Pakai masker
Karena menggunakan angkutan umum, kuman dengan mudahnya berpindah. Penyakit infeksi dapat ditularkan melalui udara (bersin/batuk), terutama saat kita berdesakan atau berada di di tempat yang penuh orang.

3. Cuci tangan dengan sabun sesering mungkin
Waspadai juga penyebaran kuman di fasilitas umum. Contohnya, penggunaan WC umum dan pegangan bus yang sebelumnya sering digunkan dan disentuh orang lain dari berbagai daerah dengan kondisi fisik sehat/sakit. Diare dan influenza dapat ditularkan melalui kontak tangan.

4. Jangan menahan pipis
Biasanya perempuan kerap mengalaminya. Menahan pipis dalam waktu cukup lama menyebabkan infeksi saluran kemih. Dr. Bahdar memperingatkan kaum hawa agar buang air kecil sebelum perjalanan dan memperhatikan kualitas air di WC umum.

5. Pilih makanan bersih dan sehat
Biasanya, bis atau travel akan singgah ke rumah makan untuk makan dan beristirahat. Perhatikan, kebersihan rumah makannya dan menu yang ditawarkan.
sumber: Ghiboo.com
About The Author
Qiut, that's my name. Im just an newbie blogger. sharing knowledge is my favorite, science can come from anywhere, useful knowledge is knowledge that can help and solve problems with other people and can be used for everyone. blog hopefully bukan-rahasia-lagi.blogspot.com can be useful for all. source of info: everyone .. every where.. any where.. everything.. i am just share it AGAIN..
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info

BUKAN-RAHASIA -LAGI Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa