Cara Menghindari Copet Saat Belanja

Cara Menghindari Copet Saat Belanja
Menjelang hari raya Idul Fitri, pusat perbelanjaan mendadak penuh sesak oleh para pengunjung yang berburu busana untuk Lebaran.

Bagi para shopaholic, waktu berbelanja terasa seperti obat bius yang siap membuat kesadaran menurun, saking asyiknya memburu belanjaan. Terlebih jika sedang ada diskon. Rasa-rasanya, terjepit di kerumunan pemburu diskon pun rela.

Namun justru terlalu asyik berbelanja bisa membuat Anda menjadi incaran pelaku kriminal, khususnya copet dan jambret.

Agar kegiatan berbelanja tidak terusik aksi jahat para kriminil, ada beberapa trik yang bisa Anda coba.

1. Simpan dompet atau ponsel di bagian tengah tas
Bagaimana cara para copet beraksi? Pertama, mereka mengamati korbannya terlebih dahulu. Dimana korban menyimpan dompet atau ponsel, seperti apa bentuk tas yang dibawa, dan bagaimana tingkat kesulitannya. Hindari menyimpan dompet atau ponsel di dompet luar tas, karena amat mudah untuk dirogoh saat Anda sedang tidak waspada. Hindari pula menyimpan dompet atau ponsel di kantong dalam yang menempel dengan pinggiran tas, karena dapat diambil jika permukaan tas disilet.
Solusinya, simpan dompet atau ponsel di bagian tengah tas. Lapisi bagian bawah tas dengan benda lain untuk mencegah dompet atau ponsel terambil jika tas disilet dari bagian bawah. Kemudian lapisi pula bagian atas dan pinggirannya dengan benda lain. Dengan begini, pencopet akan menghabiskan waktu lebih lama untuk mencari benda berharga di dalam tas.

2. Simpan ponsel dalam posisi horizontal
Jika Anda terbiasa menyimpan ponsel di saku depan celana, simpan ponsel dalam posisi horizontal. Menaruh ponsel dalam posisi berdiri membuat ponsel menjadi lebih mudah diambil.
Sedangkan jika ponsel disimpan dalam posisi horizontal, bagian atas saku akan menyempit, sehingga akan terasa jika saku dirogoh. Namun yang pasti, hindari menyimpan dompet dan ponsel di saku belakang, karena amat mudah berpindah tangan tanpa disadari.

3. Simpan uang di tempat terpisah
Hanya menyimpan uang di satu tempat, seperti dompet, akan membuat Anda kerepotan jika dompet dicopet. Simpan uang di beberapa tempat sekaligus, seperti saku celana, kantong jaket, atau kantong tas. Jika dompet disambar pencopet, Anda masih punya cadangan uang untuk melanjutkan kegiatan berbelanja atau untuk ongkos pulang.

4. Hindari berbelanja sendirian
Para pelaku aksi kriminal biasanya mengincar mangsa yang bepergian seorang diri, karena lebih mudah dikelabui dan akan kesulitan meminta pertolongan. Minta pasangan, keluarga, atau sahabat saat berbelanja. Selain untuk mencegah tindak kejahatan, mereka juga bisa dijadikan penasehat untuk memilih busana Lebaran, lho.

5. Jinjing tas dalam posisi rendah
Tas yang disampirkan di pundak rentan akan aksi pencopetan. Anda tidak akan sadar jika ada yang merogoh tas atau menyilet permukaan tas. Sebaiknya gunakan tas jinjing dan tenteng dalam posisi rendah hingga nyaris menyentuh tanah. Dengan begini, pencuri akan kesulitan merogoh task arena harus menunduk atau berjongkok terlebih dahulu. Genggam tas kuat-kuat agar tidak disambar penjambret.
trik-menghindari-copet-saat-belanja-lebaran
Sumber : http://www.tabloidbintang.com/gaya-hidup/psikologi/57333-trik-menghindari-copet-saat-belanja-lebaran.html
About The Author
Qiut, that's my name. Im just an newbie blogger. sharing knowledge is my favorite, science can come from anywhere, useful knowledge is knowledge that can help and solve problems with other people and can be used for everyone. blog hopefully bukan-rahasia-lagi.blogspot.com can be useful for all. source of info: everyone .. every where.. any where.. everything.. i am just share it AGAIN..
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info

BUKAN-RAHASIA -LAGI Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa