VIDEO Detik-detik terjadinya Angin Puting Beliung di Singaraja Bali 29 Maret 2011

Di Sore hari menjelang petang kira2 pukul 18.00 WITA dan selepas dari kerja, JAWARA melihat gumpalan awan hitam bergelayut di bagian utara Kota Singaraja. Angin Juga terasa agak kencang tidak seperti biasanya di sore hari, karena JAWARA pikir musim pancaroba tahunan yg biasa terjadi di setiap akhir dan awal tahun di Singaraja telah berlalu. Ternyata hembusan angin semakin bertambah kencang  dan tidak disangka2 terlihat gulungan/pusaran angin berwarna hitam mulai terbentuk mulai dari sekitar kira2 pesisir pantai Kel. kampung Bugis, Gulungan Angin semakin lama semakin membesar dan jadi lah pusaran angin yg biasa disebut Puting Beliung (Tornado). Puting Beliung itu sangat jelas terlihat hampir disetiap sudut kota Singaraja. Di perumahan Jawara tinggal hampir semua orang keluar rumah untuk  melihat fenomena alam yg terjadi dan tentunya juga dengan perasaan was was. Menurut Pantauan Jawara pusaran angin puting beliung mulai bergerak ke arah timur mendekati dermaga tua bekas pelabuhan lama sunda kecil kota Singaraja, Dermaga/pelabuhan tersebut sekarang sudah menjadi semacam objek wisata kota yg biasanya rame dikunjungi pada sore hari. tetapi syukurnya dermaga tersebut terlewati oleh angin puting beliung tersebut, hanya hempasan angin yg kencang aja yg cukup membuat perasaan was was dan takut (he.he.he)

Dibawah ini foto - foto detik demi detik  terjadinya angin puting beliung sampai berakhirnya :

 
 
 
 
 

 
Pergerakan Puting beliung semakin ke timur dan cendrung mengarah ke tepi pantai yg banyak rumah - rumah nelayan yg padat. hal yg ditakutkan pun terjadi, pergerakan puting beliung semakin ke pinggir dan ke tepian pantai yg banyak rumah penduduk nelayan dan menghancurkan atap puluhan rumah yg ada di Lingkungan Tambak, Kel. Kampung Baru, Singaraja, Bali,  Meski tidak ada korban jiwa, beberapa warga terlihat terluka. Menurut pembicaraan beberapa warga, mereka  tidak menyangka angin kencang itu akan mengarah ke tempat tinggal mereka dan merusak rumah - rumah  mereka. Syukurnya dengan sampainya angin tersebut ke tepian pantai maka berakhir juga pusaran angin yg disebut Puting Beliung itu " Meski dalam waktu yang begitu singkat, beberapa warga terluka dan puluhan atap rumah hancur.




Dari kejadian dan fenomena alam yg terjadi itu, Jawara berusaha mencari tahu mengapa angin puting beliung bisa terjadi. Seperti biasa Jawara mencari info info tentang angin puting beliung melalui media internet, setelah 1 jam browsing di net jawara membuat resume seputar angin puting beliung seperti dibawah ini :  

Angin puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian maksimum 5 menit. Orang awam menyebut angin puting beliung adalah angin Leysus. Di daerah Sumatera disebut Angin Bohorok dan masih ada sebutan lainnya. Angin jenis ini yang ada di Amerika yaitu Tornado mempunyai kecepatan sampai 320 km/jam dan berdiameter 500 meter. Angin puting beliung sering terjadi pada siang hari atau sore hari pada musim pancaroba. Angin ini dapat menghancurkan apa saja yang diterjangnya, karena dengan pusarannya benda yang terlewati terangkat dan terlempar.

Kenali Ciri-ciri nya :Ciri-ciri datangya angin puting beliung adalah pada waktu siang hari terlihat adanya awan putih menjulang tinggi seperti bunga kol, kemudian berkembang menjadi awan gelap yang disertai hembusan udara dingin, dan angin mulai menggoyangkan pepohonan ke kiri dan ke kanan. Tidak lama kemudian angin semakin cepat dan diikuti hujan lebat dan terkadang disertai hujan es. Terlihat di awan hitam pusaran angin berbentuk seperti kerucut turun menuju tanah/bumi.

Antisipasi
- Kenali bulan-bulan pancaroba di tempat anda.
- Mengadakan penghijauan karena dengan adanya penghijauan udara tidak terlalau panas sehingga
  tidak terjadi perbedaan panas yang dapat menimbulkan adanya angin puting beliung.
- Apabila terjadi angin puting beliung menghindar dari pepohonan tinggi yang sudah rapuh karena bisa tertimpa pohon, cari tempat yang aman dan kuat atau menghindar jauh.
- Membuat rumah yang permanen dan kuat.
- Membuat tempat perlindungan di bawah tanah apabila tempat tinggal sering terjadi angin puting beliung.

(difinisi dan ciri2 diambil dri beberapa sumber, Video diambil dri kamera Hp seorang teman)
www.jawarakampung.blogspot.com
About The Author
Qiut, that's my name. Im just an newbie blogger. sharing knowledge is my favorite, science can come from anywhere, useful knowledge is knowledge that can help and solve problems with other people and can be used for everyone. blog hopefully bukan-rahasia-lagi.blogspot.com can be useful for all. source of info: everyone .. every where.. any where.. everything.. i am just share it AGAIN..
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info

BUKAN-RAHASIA -LAGI Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa