cara menelpon yang baik
Bertelepon merupakan salah satu kegiatan berkomunikasi jarak jauh. Pada zaman ini pesawat telepon bukan lagi menjadi benda asing. Hampir setiap orang sudah mampu menggunakan telepon untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menghemat biaya bertelepon, kamu harus menggunakan kalimat yang efektif dan harus menghargai teman bicara dengan cara menjaga sopan santun. Meskipun dalam bertelepon tidak saling bertatap muka, bahasa yang santun wajib digunakan.
Dalam bercakap-cakap melalui telepon, hal-hal yang perlu kamu perhatikan adalah sebagai berikut.
Dalam bercakap-cakap melalui telepon, hal-hal yang perlu kamu perhatikan adalah sebagai berikut.
1. Penggunaan kalimat yang efektif
Kalimat yang efektif adalah kalimat yang singkat dan jelas. Penggunaan kalimat yang tidak efektif kemungkinan besar akan menimbulkan salah paham dan juga tidak ekonomis.
Perhatikan contoh berikut!
“Halo selamat pagi, Anda dengan Mandala Air, ada yang bisa kami bantu.”
Kalimat di atas lebih efektif jika dibandingkan dengan kalimat berikut ini.
“Halo selamat pagi, nama saya Ardhana, Anda dengan MandalaAir, mungkin ada yang bisa saya bantu?”
2. Penggunaan bahasa yang santun
Kalimat santun menunjukkan penghargaan terhadap teman bicara. Kalimat santun ditandai dengan penggunaan pilihan kata yang tepat dan baik (tidak menyinggung perasaan).
Perhatikan dengan cermat percakapan melalui telepon berikut ini!
Yofi : “Halo, selamat sore! Benarkah saya dengan Angkasa Tour?”
Diana : “Selamat sore! Benar, ada yang bisa saya bantu?”
Yofi : “Saya Yofi, Mbak! Reservasi tiket untuk besok pagi tujuan Jakarta.”
Diana : “Oke, untuk sendiri atau rombongan?”
Yofi : “Sendiri, Mbak! Tolong dicarikan penerbangan pagi pukul 07.00 WIB.”
Diana : “Tolong ditunggu sebentar Bapak!“
Yofi : “Oke saya tunggu”
Diana : “Hubungi kami lima menit lagi!”
Yofi : “Terima kasih, Mbak!”
Diana : “Ya, sama-sama, Bapak!”
0 komentar:
Posting Komentar