Cara Memasak Sayuran Agar Tetap Terjaga Sehatnya

Cara Memasak Sayur 
Sayur Agar Tetap Terjaga Sehatnya
Sayur adalah tumbuhan yang penuh akan kandungan nutrisi vitamin tetapi apabila sayuran itu di masak yang tidak benar vitaminnya akan hilang olehnya itu memasak sayur perlu kiat khusus. Salah mengolah, kandungan gizi dan mineral bisa rusak atau menguap sia-sia. Cara sehat yang dianjurkan adalah mengkonsumsi sayuran segar tanpa dimasak. Hanya saja, kadang mencuci sayuran hingga bersih pun tak cukup untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada di dalamnya. Lagipula, tidak semua orang cocok makan sayuran mentah. Respon kekebalan tubuh berbeda. Misalnya saja pada ibu hamil yang tubuhnya lebih sensitif. Pada mereka, mengkonsumsi sayuran mentah dapat menjadi hal yang berbahaya.

Dengan demikian, cara paling aman adalah dengan memasak sayuran terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Berikut ini beberapa tips memasak sayur agar kandungan nutrisinya tetap terjaga.

1. Memanggang
Kulit sayuran akan menjaga sebagian besar nilai gizi dalam sayur. Saat memanggang, sayuran harus disertai kandungan air tinggi agar tidak mengering. Sayuran dari akar-akaran adalah jenis terbaik untuk dipanggang, seperti kentang, bawang, dan tomat.

2. Mengukus
Mengolah sayuran dengan mengukus mungkin adalah cara terbaik untuk memasak seluruh tipe sayuran. Cara ini dapat mempertahankan gizi dan mematangkan sayuran dalam waktu singkat.

3.Tekanan tinggi / Presto
Memasak sayur dalam tekanan tinggi akan menyingkat waktu memasak sehingga dapat menyimpan nutrisi. Masalahnya, jika Anda terlalu lama, sayur akan berubah menjadi lembek. Apalagi semua sayur memiliki tekstur dan kepadatan berbeda, sehingga pastikan jenis sayur dan durasi memasak yang tepat jika menggunakan panci tekanan tinggi. Namun selagi bisa, hindari memasak sayuran dengan presto.

4. Menumis
Ini salah satu cara cepat memasak sayur di atas penggorengan pipih dengan sedikit minyak sayur. Di atas wajan melengkung pun boleh saja. Tapi ingat, ketika memasak dengan minyak, vitamin larut dalam lemak mungkin berakhir bersama minyak. Ada baiknya jika Anda tidak membuang minyak tersebut.

5. Memasak tanpa air
Metode ini baik untuk sayur-sayuran berdaun hijau dengan mengandalkan air yang menempel pada daun setelah sayuran dicuci. Cara ini biasanya membutuhkan waktu tiga hingga lima menit.

7. Merebus
Merebus sayur adalah cara yang paling tidak dianjurkan karena resiko nutrisi hilang sangat besar. Jika Anda harus menggunakan cara ini, tambahkan sayur hanya setelah air mulai mendidih dan masaklah sesingkat mungkin.
About The Author
Qiut, that's my name. Im just an newbie blogger. sharing knowledge is my favorite, science can come from anywhere, useful knowledge is knowledge that can help and solve problems with other people and can be used for everyone. blog hopefully bukan-rahasia-lagi.blogspot.com can be useful for all. source of info: everyone .. every where.. any where.. everything.. i am just share it AGAIN..
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info

BUKAN-RAHASIA -LAGI Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa