Cara Praktis membuat Bandeng Presto

mengolah ikan bandeng jadi bandeng presto
cara membuat bandeng presto
Cara Membuat Bandeng Presto | Anda sedang mencari cara untuk membuat bandeng presto?, salah satu olahan yang bermutu baik dan memenuhi persyaratan terlihat dari kualitas bahan dan cara membuatnya yang sesuai dengan acuan yang benar. Dibawah ini adalah informasi menganai hal tersebut:

Yang pertama dilakukan adalah memilih bahan baku bendeng presto. Bahan baku utama dalam pembuatan bandeng presto adalah ikan bandeng sedang berukuran antara 300-800 gram serta bahan penolong berupa bumbu-bumbu seperti : bawang putih, kunyit, ketumbar dan garam serta ditambah sedikit penyedap rasa bila perlu. Sedangkan bahan lain adalah daun pisang atau daun bumbu dan es batu, kemudian bandeng dikeluarkan jerohannya, buang sisiknya dan cuci hingga bersih.

Kemudian cara membuat dan atau mengolahnya adalah sebagai berikut :

Pertama :
Beberapa ikan bandeng yang telah dipilih, dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran dan lumpur dengan air dingin atau dengan air es. Selanjutnya mengiris bagian bawah ikan dan ketika mengeluarkan isi perutnya usahakan hati hati jangan sampai rusak atau pecah empedunya sebab hal ini akan menyebabkan rasa pahit. Lalu buang sisik luarnya kemudian dicuci hingga bersih. Pastikan bersih hygienis dengan membilas sisa sisa darahnya dan mencuci sela sela katup insangnya.

Kedua:
Sedangkan bahan penolong sebagai bumbu yang dipersiapkan adalah : bawang putih yang telah dikupas, kunyit dikupas dan dicuci, ketumbar dan garam. Ukuran masing masing secukupnya sesuai dengan selera, dan bila perlu ditambahkan sedikit penyedap rasa. 

Semua bumbu dijadikan satu kemudian ditumbuk atau digiling atau dihaluskan dengan blender dan diberi tambahan sedikit air putih yang hangat hingga berbentuk cairan kental.

Ketiga :
Bandeng yang sudah dibersihkan diolesi dengan bumbu yang telah dihaluskan sampai merata dibagian luar maupun dalamnya. Kemudian diletakan ke dalam ember untuk direndam ( diungkeb ) selama 1-2 jam, agar bumbu-bumbunya meresap dengan sempurna.

Ke empat :
Setelah di rendam, bandeng disusun dalam panci lapis demi lapis dengan diberi alas atau  dibungkus daun pisang atau daun bamboo atau plastic sebagai sekat pemisah antara lapisan satu dengan lainnya, gunanya untuk  menghindari agar bandeng tidak lengket. Penggunaan daun pisang atau daun bumbu sangat dianjurkan, karena tidak mempunyai efek samping. Bila memakai bahan plastic, hasilnya akan sangat terasa berbau plastic.

Ke lima :
Dandang atau panci presto diisi air kurang lebih setengah dari jarak antara sarangan dengan dasar panci. Setelah bandeng tersusun rapi di dalam panci, pengukusan siap dilakukan dengan suhu panas kurang lebih 127 derajat celcius.

 Keenam :
Usai pengukusan, bandeng diletakan di dalam baskom atau digelar/ ditata di atas meja untuk didinginkan dengan cara membiarkan penguapan secara alami tanpa pengipasan. Bandeng bandeng yang sudah dingin siap dimasak seperti : digoreng, dipanggang atau diasap.

Setelah semua cara diatas dilakukan maka bandeng presto siap disajikan atau bisa santap bersama keluarga.  Dan bila anda punya ide untuk menjalankan usaha ini apa susahnya anda banyak konsultasi dengan yang sudah pernah dan sukses mejalankan bisnis ini.

Ok sampai disini dulu tentang cara membuat bandeng presto, semoga apa yang saya tulis bisa menambah wawasan anda, sampai jumpa pada artikel kumpulan cara cara selanjutnya. 


sumber: buku panduan praktis mengolah bandeng presto dengan duri lunak, penerbit panca anugerah sakti, penulis : age widro
sumber gambar : http://phitree.multiply.com
About The Author
Qiut, that's my name. Im just an newbie blogger. sharing knowledge is my favorite, science can come from anywhere, useful knowledge is knowledge that can help and solve problems with other people and can be used for everyone. blog hopefully bukan-rahasia-lagi.blogspot.com can be useful for all. source of info: everyone .. every where.. any where.. everything.. i am just share it AGAIN..
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info

BUKAN-RAHASIA -LAGI Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa